Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia | Spot Wisata Alam Unik & Info Bisnis | @ Blogspot.Com Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia | Spot Wisata Alam Unik & Info Bisnis | @ Blogspot.Com Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia - Spot Wisata Alam Unik & Info Bisnis | @ Blogspot.Com -->

Breaking

Rabu, 09 Oktober 2013

Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia



Geopark Kaldera Toba
Geopark Kaldera Toba



Danau Toba memiliki wisata alam yang luar biasa, wisata spiritual, wisata sejarah, atau pun wisata arsitektur dan kuliner. Suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang memesona dengan pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Toba yang mengagumkan.
Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu. Diperkirakan
sekira 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan dari perus bumi melalui gunung tersebut saat meletus. Saat itu debu vulkanik yang ditiupkan angin telah menyebar ke separuh wilayah Bumi. 

Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Menurut perkiraan, letusan gunung api super tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies mahluk hidup. Letusan Gunung Toba mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya zaman es.


Danau Toba kini menjadi salah satu keajaiban wisata alam yang menakjubkan di Nusantara. Danau Toba adalah danau berkawah yang sangat besar dimana pusat pulaunya hampir seluas negara Singapura. Dengan luas 1.145 kilometer persegi, Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau. Danau Toba adalah danau terluas di Asia Tenggara dan salah satu terdalam di dunia yaitu dengan kedalaman sekira 450 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang berada di ketinggian sekira 1.000 meter di atas permukaan laut. Di tengah Pulau Samosir ini juga ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. 

Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat memesona. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta karena daratan yang menjorok ke danau ini memang menyerupai punggung unta. Di sekitar Danau Toba akan Anda temukan pula tempat pemandian air belerang yang dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan kulit.




Danau Toba adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan sambil bersepeda dan menikmati pemandangan gunung yang permai. Rasa penat yang Anda rasakan akan hilang saat menyambangi keindahan tempat ini. Danau Toba berada 900 meter di atas permukaan laut sehingga udara sejuknya sangat menyegarkan, jauh dari udara panas dan polusi kota.

Sulit untuk membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Toba, karena di sini Anda dapat melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang dan berperahu layar yang sanggup membius Anda dalam keindahan pemandangan yang menakjubkan. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan  suasana santai masyarakatnya yang ramah membuat wisatawan akan datang kembali setelah mengunjungi danau ini.

Anda dapat memberanikan diri ke Pulau Samosir di tengah danau dan menemukan pegunungan yang curam dengan kabut yang sejuk, air terjun yang jernih untuk berenang, dan masyarakat setempat yang sedang menggiring kerbau ke ladang. Inilah tempat yang patut Anda kunjungi dan nikmati keramahan masyarakatnya. Di sini, kemanapun Anda pergi maka akan segera menemukan teman baru.

Di pulau induknya, terdapat akomodasi di Kota Parapat. Parapat berada di semenanjung berbatu yang kecil dan menonjol ke danau. Dalam perjalanan ke Parapat Anda akan melihat pemandangan spektakuler. 

Parapat dihuni masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungun yang dikenal ramah mudah bergaul.  Masyarakat Batak terkenal menyukai lagu-lagu bertema cinta yang riang dan penuh perasaan.  
Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir yang berlokasi di tengah danau raksasa ini. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki peninggalan zaman purbakala berupa kuburan batu dan desa tradisional. 

Di Tomok (Pulau Samosir) juga terdapat Makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun. Juga terdapat Patung Sigale-Gale (Patung yang bisa menari). Di pulau ini Anda dapat menemukan kebudayaan Toba yang unik dan kuno. Pulau Samosir adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi dan menghindari kepenatan rutinitas kota. Samosir mudah dijangkau oleh kapal ferri dari Parapat.

Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah. Beranikan diri keluar dari desa kecil Tuk-Tuk dan Tomok. Anda juga dapat menikmati suasana pedesaan yang permai dikelilingi ladang, gereja dan kuburan eksotik yang memenuhi lahan.                                                                          

SouVenir*     Di Parapat Anda dapat membeli oleh-oleh seperti T-shirt dan gantungan kunci. Ada juga pasar tradisional yang menjual buah-buahan, sayuran, dan pakaian yang digelar dua kali seminggu. Berbagai cinderamata bisa didapati di sekitar Danau Toba, seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak, gitar Batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya.



Jika Anda ingin membeli oleh-oleh yang lebih unik bahkan antik cobalah berbelanja di Samosir. Kunjungi juga Jangga (desa tradisional) jika Anda tertarik untuk membeli kain ulos yang terkenal dengan motif dan tenunannya yang halus, Anda bahkan dapat melihat langsung cara menenun kain ulos. Kain ini didominasi warna merah, hitam dan putih yang biasanya ditenun dengan benang berwarna emas dan perak. Kain ulos beragam jenis, diantaranya: bintang maratur, ragiidup, sibolang, ragihotang, mangiring dan sadum. 

                  
Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia 3.5 Ferry Anas Wisata Danau Toba - Sumatera Utara - Indonesia